Senin, 08 September 2014

Toyota Makin Mesra dengan BMW?

// // Leave a Comment
Tokyo, KompasOtomotif - Kerjasama yang dilakukan Toyota bersama BMW banyak membuahkan harapan terciptanya mobil-mobil berteknologi tinggi di masa depan. Mobil sport berteknologi hibrida, lokasi mesin di depan, mungkin akan bersaing dengan Porsche di beberapa segmen tertentu.

Bocoran informasi mengalir dari Tetsuya Tada, Kepala Rekayasa Toyota untuk proyek GT86 atau FR-S dan saat ini lagi merancang proyek mobil sport baru dengan BMW dilansir Australia Drive. Saat ditanyakan generasi terbaru GT86, Tada mengatakan, "Mungkin, tapi belum diputuskan sampai saat ini".

Menariknya, Tada melontarkan komentar yang lebih provokatif, kalau BMW bisa saja menggantikan posisi Subaru pada peran yang sama. "Itu salah satu kemungkinan yang ada," tukas Tada. Apakah ini artinya, Toyota mencampakkan Subaru dan selingkuh dengan BMW? Belum pasti! Tapi, komentar yang datang dari salah satu eksekutif Toyota ini bisa jadi salah satu indikasi penting kalau Toyota mau "move on".

Tada mengatakan mau menjaga aspirasi GT86 seperti yang ada saat ini, tetapi bisa membuatnya lebih bertenaga. Untuk produk penyegaran yang disiapkan untuk 2015, opsi mesin Boxer dengan kapasitas lebih besar dan sistem pembuangan lebih baik bisa jadi pilihan.

"Mungkin generasi terbaru 86 harus punya teknologi hijau seperti mobil balap hibrida," jelas Tada. Teknologi sama yang digunakan pada mobil balap Toyota di Le Mans.

Hingga kini, kerjasama Toyota dan BMW semakin mesra menciptakan teknologi mobil balap berteknologi hibrida. Keduanya, seolah memancarkan sinyal kalau Subaru mungkin tidak punya tawaran lebih banyak di masa depan bagi Toyota.

0 komentar:

Posting Komentar